Kamis, 08 Desember 2011

Khasiat Rumput Laut

Rumput laut adalah sejenis rerumputan yang tumbuh di laut dan sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan. Rumput laut ini sangat kaya dengan kandungan-kandungan vitamin dan senyawa lainnya. Seperti pada umumnya pada alga jenis lain morfologi rumput laut jenis Glacilaria disebut thallus, yaitu tidak memiliki perbedaan nyata antara akar, bang dan daunnya. Perkembangbiakaanya dilakukan dengan 2 cara yaitu secara kawin antara gamet jantan dan gamet betina (generatif) sertatidak kawin melalui vegetatif, konjugatif dan penyebaran spora yang terdapat pada kantong spora (carporspora, cystocarp). Berdasarkan kandungan pigmennya, rumput laut dikelompokkan menjadi 4 kelas yaitu Rhodophyceae (Ganggang merah), Cyanophyceae (Ganggang biru hijau), Phaeophyceae (ganggang coklat), Chlorophyceae (Ganggang hijau).

Dibalik tumbuhan ini tersimpan banyak sekali manfaat yang bisa dimanfaatkan, salah satunya adalah sebagai berikut:
•           Makanan dan susu (Ice cream, yoghurt, waper krim, cokelat susu, pudding instant)
•           Minuman (Minuman ringan, jus buah, bir)
•           Roti
•           Permen
•           Daging ikan dalam kaleng
•           Saus, salad dressing, kecap
•           Makanan diet (Jelly, jam, sirup, puding)
•           Makanan bayi
•           Non pangan (Makanan hewan, makanan ikan, cat, keramik, tekstil, kertas)
•           Farmasi dan koxsmetik (Pasta gigi, shampoo, obat tablet, bahan cetak gigi, obat salep)
Selain itu masih banyak lagi manfaat spesifik yang bisa diambil dari rumput laut, Salah satu cara yang bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung kita adalah dengan mengkonsumsi rumput laut. Banyak ilmuwan yang udah meneliti bahwa rumput laut yang menjadi sumber protein ini memiliki khasiat mirip dengan bioactive peptides. Apakah yang dimaksud bioactive peptides itu?
Bioactive peptides merupakan salah satu zat atau bahan yang sering ada di dalam susu. Bioactive peptides ini memiliki kandungan nutrisi yang kaya dan dapat mencegah penyakit tertentu. Selain itu juga Bioactive peptides bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan memiliki khasiat yang mirip dengan obat ACE inhibitor yang udah kita kenal.
Sayangnya, menurut beberapa ilmuwan, rumput laut ini masih perlu diteliti lebih dalam lagi sebelum dipasarkan kepada konsumen dalam produk makanan, dan bahkan mungkin menjadi salah satu bahan obat untuk mengobati sakit jantung.
Walaupun begitu, rumput laut tetap sering kita jumpai dalam beberapa bahan makanan dan minuman. Coba aja kalau kita mau beli es buah, di beberapa tukang es buah, biasanya mereka menambahkan rumput laut tersebut kedalam es buah tersebut. Saya sendiri pun sering memakannya, terutama di bulan puasa ini, dimana es buah menjadi salah satu menu yang menjadi sajian favorit bagi orang yang ingin berbuka puasa.
Rumput laut sebagai obat :
Rumput laut diketahui kaya akan nutrisi esensial, seperti enzim, asam nukleat, asam amino, mineral, trace elements, dan vitamin A,B,C,D,E dan K. Karena kandungan gizinya yang tinggi, rumput laut mampu meningkatkan sistem kerja hormonal, limfatik, dan juga saraf. Selain itu, rumput laut juga bisa meningkatkan fungsi pertahanan tubuh, memperbaiki sistem kerja jantung dan peredaran darah, serta sistem pencernaan.
Rumput laut dikenal juga sebagai obat tradisional untuk batuk, asma, bronkhitis, TBC, cacingan, sakit perut, demam, rematik, bahkan dipercaya dapat meningkatkan daya seksual. Kandungan yodiumnya diperlukan tubuh untuk mencegah penyakit gondok. Di Cina, rumput laut juga biasa digunakan untuk pengobatan kanker. Tingginya tingkat konsumsi rumput laut mungkin berhubungan dengan rendahnya insiden kanker payudara pada wanita di negara tersebut. Mungkin hal itu disebabkan oleh kandungan klorofil rumput laut yang bersifat antikarsinogenik. Selain itu, karena kandungan vitamin C dan antioksidannya yang dapat melawan radikal bebas, rumput laut bermanfaat untuk memperpanjang usia dan mencegah terjadinya penuaan dini.
Semua rumut laut kaya akan kandungan serat yang dapat mencegah kanker usus besar. Serat dapat melancarkan pencernaan dengan membentuk zat seperti gelatin dalam usus halus dan meningkatkan kadar air dalam fases. Konsumsi serat dapat membantu metabolisme lemak sehingga menurunkan kadar kolestrol darah dan gula darah. Rumput laut juga membantu pengobatan tukak lambung, radang usus besar, susah buang air besar, dan gangguan pencernaan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More