Selasa, 06 Desember 2011

Momofuku Ando: Bapak Mie Instan


Siapa sih yang tidak tahu dengan makanan cepat saji yang disebut Mie instan? Pasti semua masyarakat mengenal produk ini, karena tidak hanya menjadi penyelamat di kala kelaparan dan butuh makanan cepat, mie instan juga sering kali jadi pilihan utama untuk bantuan saat bencana alam. Momofuku Ando adalah si jenius di balik penemuan mie yang bisa dengan cepatnya dimakan. Kenalan yuk sama Bapak yang suda mendedikasikan hidupnya buat mie instan ini!
Walaupun namanya sangat berbau Jepang, sebenarnya sosok pencipta mie instan ini adalah orang Taiwan. Momofuku Ando lahir dengan nama Wu Pai-fu pada tanggal 5 Maret 1910 di wilayah Kagi, Taiwan. Karena orangtuanya meninggal ketika masih kecil, dia pun dirawat oleh kakek neneknya yang adalah pengusaha tekstil. Pada usia 22 tahun, Ando mendirikan usaha tekstilnya sendiri dan sempat berkunjung ke Osaka untuk bisnis. Akhirnya setelah Perang Dunia II, Ando pindah ke Osaka dan menjadi warga negara Jepang. Dia pun mengganti namanya menjadi Momofuku Ando.
Saat itu Jepang masih menderita kekurangan makanan akibat Perang Dunia II. Oleh karena itu, Menteri Kesehatan mendorong orang-orang untuk makan gandum yang disediakan pihak Amerika Serikat. Ando pun bertanya-tanya, kenapa harus gandum, bukan mie yang jauh lebih populer di kalangan orang Jepang? Ternyata ini karena produksi mie yang kecil sehingga tidak bisa mencukupi kebutuhan. Dari sinilah kemudian tercetus ide membuat mie dalam kemasan yang bisa cepat dan mudah dimakan.
Akhirnya setelah beberapa kali melakukan percobaan, pada 25 Agustus 1958 Ando memasarkan mie instan pertamanya yang disebut Chikin Ramen (mie rasa ayam). Karena harganya yang cenderung masih mahal dibandingkan mie biasa saat itu, penjualannya pun kurang bagus. Tapi, setelah harganya menjadi lebih murah, semua orang pun mulai beralih ke mie instan. Pada tahun 2007, ada sekitar 98 milyar mie instan yang dijual di seluruh dunia di bawah merk Nissin milik Ando ini.
Untuk menghormati Ando, sebuah museum dengan nama Momofuku Ando Instant Ramen Museum didirikan di Osaka. Pada 5 Januari 2007 di sebuah rumah sakit Ikeda, Osaka, Ando meninggal dunia pada usia 96 tahun karena gagal jantung.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More