Selasa, 06 Desember 2011

Gelar MAHAsiswa

UNIVERSITAS? MAHASISWA? DOSEN? Ketika anda ditanya seteleh lulus SMA mau lanjut kemana, pasti dibenak anda terpikir “saya harus kuliah”. Dan saat menyebut kuliah pasti terpikir lagi di benak anda, dimana saya akan berkuliah? Dimana saya akan melanjutkan mimpi saya dan meneruskan perjuangan saya menuju sebuah kesuksesan. Dimanapun kuliahnya akan terasa manfaatnya apabila dijalani dengan sungguh-sungguh dan ikhlas.
Menjadi “MAHASISWA” tidaklah mudah. Banyak orang yang mengira betapa enaknya menjadi seorang mahasiswa, ya dulu saya juga berpikir seperti itu. Menjadi mahasiswa tidaklah hanya sekedar bersenang-senang, dan mendapat gelar sarjana ketika anda di wisuda tetapi menjad seorang mahasiswa haruslah mempunyai sifat dasar yang dewasa, bertanggung jawab dan dapat meninggalkan kebiasaan saat sekolah. Seorang mahasiswa haruslah mempunyai peranan dan fungsi, ada empat peran dan fungsi mahasiswa.
Peran dan fungsi yang pertama adalah IRON STOCK. Iron adalah besi danStock adalah persediaan sehingga dapat disimpulkan bahwa mahasiswa disiapkan sebagai generasi pengganti dari generasi tua yang tugasnya telah selesai. Mengapa harus besi ? Mengapa bukan perak atau emas ? Apabila terbersit pertanyaan seperti ini jawabannya adalah karena besi bersifat korosif apabila waktu atau massanya telah habis. Mahasiswa diibaratkan sebagai besi baru yang siap menggantikan besi tua berkarat yang sudah rapuh. Oleh karena itu seorang mahasiswa harus mampu berpikir kritis dan bertanggung jawab karena kemajuan dan kesejahteraan bangsa ada di tangan mahasiswa.
Peran dan fungsi mahasiswa yang kedua adalah MORAL FORCE . Mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengubah lingkungan sekitarnya menjadi lebih baik. Dengan ilmu dan moral yang baik, mahasiwa diharapkan dapat mempengaruhi lingkungannya menjadi lebih baik. Mahasiswa diharapkan dapat menjadi panutan atau pedoman masyarakat.
Peran dan fungsi mahasiswa yang ketiga adalah SOCIAL CONTROL . Mahasiswa disini merupakan penerus lidah masyarakat dan kepanjangan tangan dari pemerintah. Hal ini dapat berarti mahasiswa adalah pengontrol kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan kesejahteraan rakyat. Mahasiwa berperan sebagai barisan terdepan pembela rakyat yang mungkin tidak berdaya dengan segala kebijakan pemerintah yang biasanya sering merugikan rakyat. Mahasiwa dapat melakukan banyak cara untuk menyuarakan aspirasi mereka kepada pemerintah, bukan hanya dengan demonstrasi melainkan juga dapat ditempuh dengan jalan diplomasi.
Peran dan fungsi mahasiswa yang keempat adalah AGENT OF CHANGE dimana mahasiswa dianggap sebagai pembawa perubahan bagi orang banyak ataupun pembawa perubahan untuk negeri ini. Pembawa perubahan positif kepada bangsa Indonesia. Contoh nyata saat jatuhnya rezim orde baru, mahasiswa lah yang mengusahakan adanya reformasi. Mahasiswa lah yang turun ke jalan untuk meneriakkan revolusi walaupun pada akhirnya harus bertaruh jiwa dan raga untuk menerikkan perubahan bangsa Indonesia.
            Betapa sangat beruntungnya kita telah diberikan kesempatan menjadi seorang mahasiswa, maka dari itu jangan sia-siakanlah kesempatan yang langka ini karena tidak semua orang bisa menjadi seorang mahasiswa apalagi mahasiswa yang ideal. Oleh karena itu goreskanlah kontribusi mahasiswa dalam perubahan bangsa ini menuju bangsa yang lebih baik lagi. Tanamkan di dalam diri kita bahwa seorang mahasiswa harus berguna bagi nusa dan bangsa. HIDUP MAHASISWA!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More