Minggu, 27 November 2011

technology in 2050

            Teknologi Informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan lebih cepat, lebih luas penyebarannya, dan lebih lama penyimpanannya. Teknologi merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan oleh kehidupan manusia sehari-hari. Setiap orang pasti mengandalkan teknologi untuk mempermudah kehidupan. Contohnya internet. Dari hari ke hari frekuensi orang menggunakan internet terus meningkat. Mereka menggunakan internet untuk berkomunikasi, browsing, belajar, bisnis, dan lain-lain.
Tidak hanya internet, semua perangkat IT juga semakin lama mengalami kemajuan. Contohnya adalah komputer. Dahulu, komputer bentuknya besar dan tidak praktis. Namun saat ini, karena mobilisasi yang tinggi, manusia dituntut untuk menjadi inovatif, menciptakan sesuatu yang efisien dan praktis. Terciptalah komputer tablet. Dan masih banyak lagi contoh lainnya yang membuktikan bahwa teknologi informasi sekarang sudah semakin berkembang.
Di masa depan, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kebutuhan IT (Information Technology) akan semakin meningkat. Banyak faktor yang mendorong IT harus semakin berkembang. Diantaranya adalah era globalisasi yang menyebabkan kebutuhan manusia akan dunia IT yang semakin meningkat. Pada dasarnya, seorang pelanggan dalam memilih produk atau jasa yang dibutuhkannya, akan mencari perusahaan yang menjual produk atau jasa tersebut: cheaper (lebih murah), better (lebih baik), dan faster (lebih cepat). Maka dari itu, persaingan dari perusahaan IT lah yang membuat perkembangan IT semakin pesat. Prediksi beberapa pakar mengatakan bahwa di masa yang akan datang, semua kebutuhan manusia akan terintegrasi dengan perangkat digital. Saya akan menjabarkan beberapa contoh bagaimana kehidupan sehari-hari manusia terintegrasi dengan perangkat digital.
Kira-kira, di tahun 2050 semua gadget tidak akan menggunakan tombol lagi untuk beroperasi, melainkan menggunakan touch screen. Semua komputer, maupun mobile phone tidak akan mempunyai tombol. Cukup menyentuh layarnya saja, semua sudah bisa beroperasi dengan baik. Walaupun, saat ini pun sebagian besar gadget telah mengandalkan fitur touch screen sebagai fitur andalannya, akan tetapi itu hanyalah gadget yang standar saja seperti laptop dan handphone. Di masa depan, akan tercipta sebuah meja digital touch screen yang berguna sebagai PC.
 Gambar meja digital

Selain itu, untuk memudahkan manusia dalam hal finansial, akan tercipta e-wallet. E-wallet adalah dompet elektrik. Dompet tersebut bentuknya sepeti kartu ATM, dimana dalam satu kartu bisa berfungsi sebagai alat pembayaran, kartu rumah sakit, kartu tanda penduduk, surat izin mengemudi, dan lain-lain. Jadi, kartu ini memudahkan manusia dalam kehidupan sehari-hari.
 Gambaran e-wallet

Selanjutnya, adalah mobile phone. Awal tercipta mobile phone bentuknya sangat tidak praktis. Bentuknya besar dan kurang efisien. Namun di masa datang, mobile phone akan berbentuk seperti gelang. Walaupun bentuknya tidak seperti mobile phone seperti biasanya, tetepai fiturnya akan semakin kaya. Contohnya akan ada multi user translator. Jadi, ketika kita menerima telepon dari orang asing, mobile phone akan dengan otomatis menterjemahkan bahasa orang tersebut ke bahasa kita. Selain itu juga ada face recognition dimana setiap orang yang menelpon kita wajahnya akan otomatis berada di layar handphone kita. Ini merupakan pengembangan dari teknologi video call. Di masa yang akan datang, mobile phone tidak hanya sebagai alat komunikasi. Tetapi juga untuk remote atau alat pengendali jarak jauh. Contohnya sebagai electronic key. Bisa untuk kunci rumah atau untuk remote perangkat elektronik lainnya sebagai televisi dan air conditioner.
Lalu akan hadir e-paper. E-paper adalah kepanjangan dari electronic paper. E-paper merupakan sebuah koran elektronik yang berbentuk papan elastis. Penggunaannya adalah dengan cara menyentuh layar koran tersebut. Dengan teknologi digital, koran tersebut bisa memutar video sesuai dengan isi berita dari koran tersebut.
 Contoh tampilan e-paper

Itulah sebagian kecil contoh dari prediksi perkembangan IT di masa yang akan datang. Tetapi namanya teknologi, tidak bisa diprediksi dengan akurat. Bisa saja dikatakan sebagain dari teknologi yang telah saya jabarkan diatas adalah teknologi untuk 30 tahun kemudian. Tetapi,siapa tahu beberapa tahun lagi teknologi seperti itu telah muncul karena kebutuhan manusia akan teknologi mutakhir yang semakin meningkat.

4 komentar:

Hollogramnya udah isa ada wujud baunya , nggak sekedar tampilan biasa.
Moga masih sempet nikmatin 2050 ya.
:D

komen diblogku juga ya,ris.;)

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

iya git, semoga kita masih bisa menikmatinya ya hahaha :D

FYI.. teknologi kayak gini dalam waktu mungkin kurang dari 5 tahun pasti sudah ada di pasaran...kenapa?? karena belakangan ini dari produsen2 besar sangat menggempar2kan teknologi mereka yg abru...walaupun masih concept dan masih khayalan...tapi perkembangan teknologi sangat cepat...bisa diliat demo dari ipad five atau 3 dengan layar virtualnya dan samsung dengan tablet transparannya... semoga saja cepat terwujud.. :)

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More