Selasa, 06 Desember 2011

Spesies Baru Dinosaurus Ditemukan


          Satu spesies dinosaurus bertanduk yang dikenal dengan Spinops sternbergorum yang mungkin selama ini tidak kita ketahui telah ditemukan. Ternyata kerangka hewan langka ini tersimpan selama 100 tahun di sebuah museum di Inggris, yaitu museum The Natural History London.
Seperti yang telah diberitakan oleh The Telegraph, Rabu (7/12/2011), dinosaurus ini merupakan jenis hewan herbivora dan berasal dari keluarga yang sama dengan Triceratops. Kerangka hewan ini awalnya digali dalam sebuah penggalian fosil di tempat yang dikenal dengan “Bone Bed” di Alberta, Kanada pada tahun 1916. Tulang-tulang dinosaurus ini kemudian dikirimkan ke The Natural History Museum di London, Inggris, Namun oleh petugas museum ketika fosil itu sudah tidakberguna lagi alias sampah sehingga dibiarkan begitu saja. Sampai akhirnya 100 tahun kemudian para ahli menyadari bahwa mereka memiliki spesies baru yang belum dideskripsikan oleh mereka.
Tulang-tulang itu kemudian ditemukan kembali oleh sekelompok peneliti saat memutuskan untuk melihat kembali fosil tersebut. Dan akhirnya merekapun menyadari bahwa fosil-fosil iu tidak sama dengan yang lainnya. "Saya langsung tahu ada sesuatu yang tidak biasa dengan fosil-fosil ini, dan sangat menyenangkan untuk belajar tentang sejarah mereka yang rumit," kata pemimpin tim peneliti ini, Andrew Farke. "Di sini tidak hanya satu tapi ada beberapa individu dari spesies yang sama, jadi kami yakin itu tidak hanya satu contoh dari spesies sebelumnya," terangnya. Dengan penemuan ini berarti para peneliti paleontologis dapat mendefinisikan ulang tentang kelompok dinosaurus beranduk, jenis tanaman makanan dinosaurus dan dapat diklasifikasikan antara jenis dinosaurus bertanduk besar dan dinosaurus bertanduk kecil.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More